Tata Cara Check Sound

Read Net 88 - Cek sound memang hal yang wajib di lakukan ketika kita manggung, akan tetapi sebagian besar orang tidak mengerti tata cara cek sound yang baik dan benar terutama jika anda dalam posisi sedang mengikuti sebuah festival musik. Di mata para juri, cek sound yang terlalu over atau ribut bisa mengurangi nilai karena itu sangat tidak menyenangkan untuk di dengar dan di lihat oleh orang lain (tidak sopan). Jadi bagaimana solusi agar kita tetap yakin dengan alat kita? sudah benarkah setingannya atau sudah tidak fals kah instrument yang kita mainkan?.

Berikut tata cara cek sound yang benar dan biasa di pakai oleh yang sudah berpengalaman.
  1. Jangan sekali-kali anda cek alat anda dengan menggunakan volume yang keras. Akan lebih baik jika anda meminta kepada tukang mix untuk mematikan sound luar dan hanya menggunakan sound dalam, itupun dengan volume yang asal kederan saja.

  2. Jangan buru-buru.
    Santai saja boss...yang paling penting adalah anda jangan terlalu lama, pastikan steman anda tidak fals dan coba sound anda dengan memetik gitar atau bass anda dengan lepas senar saja.

  3. Jika anda seorang Drummer, Pukulah satu persatu drum anda dari mulai senar, simbal, pedal bass dll.
    Tetapi jangan bermain seolah-olah anda mike portnoy yang gebuk sana sini tidak jelas kecuali anda sudah terkenal.

  4. Jangan saling mendahului.
    Biarkan salah seorang dari anda mengecek alatnya, kalau mau bareng lebih baik anda menggunakan tuner (jika anda di gitar maupun bass).
     
  5. Jika anda ingin show sedikit, lebih baik buatlah intro demo full band sebelum masuk ke lagu yang akan anda bawakan. Bisa dengan beberapa permainan riff atau juga dengan melody. Dengan catatan mainlah dengan kompak.

  6. Semua poin di atas bisa saja anda lupakan bila anda adalah seorang master atau artis, jika anda bukan salah satu dari itu lebih baik jika anda mengambil jalan aman sesuai dengan kebiasaan peraturan dalam cek sound di beberapa fesrival/parade band.
Sekian dari saya dan semoga bermanfaat.

 
READNET 88 CONTACT US | Bloggerized by ILHAM BANDERAS - ABOUT US | MORE INFO