Manfaat Serta Metode Expansi Bisnis

Ekspansi bisnis diperlukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai efisiensi, menjadi lebih kompetitif, serta untuk meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan. Ekspansi bisnis dapat dilakukan dalam beberapa metode, yakni: Merger atau penggabungan; akuisisi; hostile take over atau pengambil alihan secara paksa; dan Leverage buyout.
Metode pertama adalah Merger atau penggabungan. Merger adalah penggabungan dari dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan yang terpadu. Perusahaan yang dominan dibanding dengan perusahaan yang lain akan tetap mempertahankan identitasnya, sedangkan yang lemah akan mengaburkan identitas yang dimilikinya. jenis-jenis merger:
  1. Merger Vertikal. Perusahaan masih dalam satu industri tetapi beda level atau tingkat operasional. Contoh: Restoran cepat saji menggabungkan diri dengan perusahaan peternakan ayam.
  2. Merger Horisontal. Perusahaan dalam satu industri membeli perusahaan di level operasi yang sama. Contoh: pabrik komputer gabung dengan pabrik komputer.
  3. Merger Konglomerasi. Tidak ada hubungan industri pada perusahaan yang diakuisisi. Bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan dari berbagai sumber atau unit bisnis. Contoh: perusahaan pengobatan alternatif bergabung dengan perusahaan operator telepon seluler nirkabel.
Ekspansi bisnis 

Read Net 88 - Ekspansi bisnis dengan menggunakan metode kedua, yaitu akuisisi. Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar. Contoh: Aqua diakuisisi oleh Danone, Pizza Hut oleh Coca-Cola, dan lain-lain. Metode ketiga adalah Hostile Take Over atau Pengambil Alihan Secara Paksa
Hostile take over adalah suatu tindakan akuisisi yang dilakukan secara paksa yang biasanya dilakukan dengan cara membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar. Pengambilalihan secara paksa biasanya diikuti oleh pemecatan karyawan dan manajer untuk diganti orang baru untuk melakukan efisiensi pada operasional perusahaan.
Metode keempat adalah Leverage Buyout. Leverage buy out adalah teknik pengusaan perusahaan dengan metode pinjaman atau utang yang digunakan pihak manajemen untuk membeli perusahaan lain. Terkadang suatu perusahaan target dapat dimiliki tanpa modal awal yang besar.
Ekspansi bisnis mempunyai beberapa alasan yang tentu saja akan menambah keuntungan bisnis Anda. Keuntungan pertama adalah pertumbuhan atau diversifikasi. Dengan melakukan ekpansi bisnis dengan merger atau akuisisi, maka perusahaan dapat mengurangi perusahaan pesaing atau mengurangi persaingan. Manfaat kedua adalah sinergi. Sinergi dapat tercapai ketika merger menghasilkan tingkat skala ekonomi (economies of scale). Sinergi akan tampak jelas ketika perusahaan yang melakukan merger berada dalam bisnis yang sama karena fungsi dan tenaga kerja yang berlebihan dapat dihilangkan.
Manfaat ketiga adalah meningkatkan dana. Banyak perusahaan yang tidak dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi internal, tetapi dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi eksternal. Perusahaan tersebut menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi sehingga menyebabkan peningkatan daya pinjam perusahaan dan penurunan kewajiban keuangan. Manfaat keempat adalah menambah ketrampilan manajemen atau teknologi. Manfaat kelima adalah pertimbangan pajak. Manfaat keenam adalah meningkatkan liquidutas pemilik. Manfaat ketujuh adalah melindungi diri dari pengambil-alihan.

 
READNET 88 CONTACT US | Bloggerized by ILHAM BANDERAS - ABOUT US | MORE INFO