Strategi Pengembangan Bisnis

Strategi pengembangan bisnisRead net 88 - Strategi pengembangan bisnis baik bisnis pribadi, perusahaan besar maupun usaha skala kecil dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sederhana untuk memperbaiki diri. Strategi pengembangan bisnis mengharuskan Anda untuk memiliki visi atau gagasan tentang apa yang harus memperbaiki. Lalu ada langkah yang diikuti, termasuk pengukuran, pengorganisasian, mengurangi biaya dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Usaha mengembangkan bisnis sarana untuk bergerak maju dari situasi sekarang. Itu bisa berarti untuk meningkatkan keuntungan, mengurangi kerugian, mendapatkan lebih banyak pelanggan, memperluas pasar, menjadi lebih terlihat di masyarakat, go public atau sejumlah barang lain yang dianggap diinginkan.
Strategi Mengembangkan Usaha Bisnis antara lain sebagai berikut. Yang pertama adalah mengukur dimana Anda berada. Meskipun Anda bisa mendapatkan "firasat" bahwa bisnis Anda adalah memperbaiki, satu-satunya cara untuk memverifikasinya adalah dengan beberapa cara pengukuran yang valid. Hal ini dilakukan baik sebelum maupun setelah beberapa upaya peningkatan. Kedua, mengatur operasi. Dengan mengorganisir atau re-organisasi dan proses operasi Anda, Anda dapat membuat bisnis Anda mesin yang lebih efektif. Ini termasuk menentukan tujuan, perencanaan, dan menggunakan standar ISO 9000.

Strategi pengembangan bisnis ketiga adalah mengurangi biaya. Dengan menggunakan Total Quality Management (TQM) metode dan alat, serta konsep-konsep serupa lainnya, Anda dapat mengurangi bahan yang terbuang, usaha, dan waktu dalam membuat, menjual, dan memberikan produk Anda. Hasilnya adalah perbaikan dalam alur dasar perusahaan dan peningkatan keunggulan kompetitif.
Strtegi keempat adalah mendapatkan lebih banyak pelanggan. Dengan memuaskan pelanggan Anda dengan produk-produk berkualitas tinggi dan layanan tambahan, Anda akan mendapatkan bisnis yang berulang dan arahan. Tentu saja, Anda harus harga kompetitif, dan mereka harus memiliki akses yang mudah ke produk Anda. Strategi kelima, ukur lagi. Ukur lagi untuk memverifikasi perbaikan pengembangan usaha bisnis anda.
Strategi pengembangan bisnis juga harus memperhatikan beberapa tantangan yang harus dihadapi. Apabila dilihat dari sisi alasan/pendorong seorang wirausahawan merintis usaha baru, maka kita akan mendapatkan jawaban yang sangat beragam. Berdasarkan salah satu studi ditemukan ada tujuh alasan seorang wirausahawan memulai/membuka usaha baru, yaitu:
  1. Kebutuhan akan pengakuan diri.
  2. Kebutuhan untuk kebebasan.
  3. Kebutuhan pengembangan diri dan kepribadian.
  4. Keamanan dan pengembangan asset (philanthropic).
  5. Persepsi kemakmuran (perception of wealth).
  6. Pengurangan pajak.
  7. Mengikuti mental model.
Namun demikian dari setiap latar belakang  yang beragam perlu ditekankan bahwa dalam mengembangkan usaha baru dibutuhkan komitmen tinggi, waktu, tenaga dan biaya. Pengerjaan dan persiapan yang asal-asalan atau setengah hati tidak akan menjadikan suatu usaha berhasil. Satu hal yang perlu dicermati lagi, evaluasi terhadap internal dan eksternal sangat menentukan keberhasilan usaha baru. Berikut beberapa elemen yang mempengaruhi kinerja usaha baru (new star-up venture) atau faktor-faktor penentu berhasilnya usaha baru adalah sebagai berikut:
  1. Karakteristik wirausahawan.
  2. Proses pendirian.
  3. Lingkungan.
  4. Karakteritik jenis usaha
Masing-masing elemen saling terkait dan memiliki pengaruh yang besar dalam keberhasilan  dan berkembangnya suatu usaha.

 
READNET 88 CONTACT US | Bloggerized by ILHAM BANDERAS - ABOUT US | MORE INFO