Keindahan Supermoon 6 Mei 2012




Read Net 88 - Sabtu malam tanggal 5/05/12 kemarin ada sebuah fenomena alam yang jarang terjadi di langit Bumi, yaitu Supermoon atau Lunar perigee. Disaat tersebut, bulan yang purnama akan nampak lebih cantik dan besar dari pada biasanya, sebab jarak bulan lebih mendekat ke planet Bumi.
Para ahli mengatakan bahwa saat supermoon terjadi, ukuran penampakan bulan akan lebih besar 14% dan kecerahannya 30% lebih cerah.
Jarak bulan saat fenomena itu terjadi adalah 221.802 mil dari bumi, sekitar 15.300 mil lebih dekat dari rata-rata. Hal tersebut terjadi karena bulan melintasi Bumi dalam orbit elips, bukan melingkar sempurna.
supermoon
Walaupun demikian, memang perubahan ukuran dan kecerahan tersebut tidak akan nampak terlalu mencolok jika dilihat dengan mata telanjang, kata Dr Robert Massey, dari the Royal Astronomical Society seperti dilansir Dailymail.
Setelah mencapai titik orbit terdekat, barulah bulan purnama nampak sedikit terlihat perubahannya.
Para ahli pun membantah mitos yang mengatakan bahwa saat supermoon terjadi, kemungkinan akan mempengaruhi otak manusia hingga banyak kejahatan yang akan terjadi.
supermoon
Bencana alam pun tidak terjadi sebab pengaruh dari supermoon, seperti isu yang beredar di kalangan masyarakat.
Jadi sebaiknya dinikmati saja fenomena langka ini, sebagai mana yang nampak pada foto-foto supermoon dari berbagai negara di Eropa ini.
  
 


 
READNET 88 CONTACT US | Bloggerized by ILHAM BANDERAS - ABOUT US | MORE INFO