Hadits - Hadits Tentang Puasa

Compact_spanduk-ramadhan
ReadNet 88 - Selama Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam, beberapa hadits yang berkaitan dengan puasa menjadi populer. Berikut ini hadis yang populer selama bulan Ramadhan.

o Bersahur itu berkah maka janganlah engkau tinggalkan walau seorang di antara kamu hanya meneguk air. Karena Allah dan malaikat-Nya akan mengucapkan shalawat kepada orang yang bersahur.” (HR Ahmad)

o Puasa tidak hanya menahan makan dan minum, tetapi menghindari perbuatan sia-sia dan keji. Jika kamu dicaci atau dibodoh-bodohi orang lain, maka katakanla ‘Aku berpuasa, aku berpuasa;.” (HR Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim)

o Sungguh aku telah melihat Rasulullah Saw menimbakan air ke atas kepala sewaktu beliau berpuasa karena haus atau kepanasan (Hadist Riwayat (HR) R Ahmad, Malik, dan Abu Dawud)

o Barang siapa yang lupa padahal dia berpuasa, lalu dia makan dan minum, hendaknya dia meneruskan puasana karena dia diberi makan dan minum oleh Allah” (HR Jamaah)

Barang siapa yang telah berpuasa dari pagi hari hendaknya ia meneruskan puasanya dan siapa yang sejak pagi telah berbuka, hendaknya dia meneruskan hari yang tersisa. Setelah itu kamipun berpuasa dan kami suruh anak-anak kami yang masih kecil untuk berpuasa. Kami bawa mereka ke masjid. Kami buatkan mereka alat permainan dari bulu domba. Jika ada di antara mereka yang menangis minta makan, kami berikan alat permainan itu. Begitu berlangsung hingga mendekati waktu berbuka.” (HR Bukhari dan Muslim)

o Rasulullah Saw adalah orang yang paling dermawan. Sifat dermawan itu lebih menonjol pada bulan Ramadhan yaitu ketika beliau ditemui oleh Jibril. Biasanya, jibril menemui beliau pada setiap malam bulan Ramadhan, untuk mempelajari Alquran. Maka Rasulullah Saw lebih murah hati melakukan kebaikan daripada angin yang bertiup.” (HR Bukhari)

Disarikan dari buku Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq (ea)
 

 
READNET 88 CONTACT US | Bloggerized by ILHAM BANDERAS - ABOUT US | MORE INFO